Just another Student Blogs weblog
salah pergaulan
Filed under: walking walking

hmmm…kuliah di malang kata banyak orang bisa bikin kita terjerumus ke arah pergaulan bebas dan kehancuran masa depan. hal ini diperkuat dengan berita berita free sex yang marak di malang. sebetulnya hal ini tergantung kepada pribadi masing masing. jika kita mudah terpengaruh, maka sia sialah perjuangan orang tua kita menyekolahkan kita di sini.

hal ini biasanya terjadi karena gengsi yang tinggi. kita iri melihat kendaraan teman kita yang mewah, pakaian yang bagus, handphone yang canggih. sedangkan kita gensi dan minder jika tidak bisa menyaingi atau paling tidak mengimbangi teman kita tersebut.

maka dari itu, kita harus membentengi diri kita, kita harus ingat tujuan utama kita kesini bukan untuk berlomba lomba memamerkan kekayaan, bukan untuk ikut kontes kecantikan, tapi untuk menuntut ilmu demi masa depan. ingat orang tua yang rela banting tulang demi menyekolahkan kita hanya demi melihat anaknya sukses kelak. ^___^
novie @ 4:13 pm
hari pertama = TELAT (hiks :'(
Filed under: walking walking

hari pertama masuk kuliah, harusnya tu ngasih kesan yang baik gitu, jadi mahasiswa yang rajin, biar disayang dosen.

FAKTA :

Karena pikiran aku masih kebawa bawa sama yang namanya SMA, jadi aku kira kalo hari pertama kuliah itu acaranya cuma pembagian jadwal, wira wiri sama,halal bihalal. Ya, betul sodara sodara, aku kira acaranya tu halal bihalal terus pulang. jadilah aku berangkat dengan santainya dari kos jam 8 pagi, dengan muka tanpa rasa bersalah, jlan santaaaaaaiiiiiiiii banget kaya siput. Aku udah rencanain dengan riang gembira kalo habis HALAL BIHALAL, aku mau tidur sepuasnya. Tapi apa daya, malang tak dapat ditolak,untung tak dapat ku raih, ternyata pengumuman di mading menyatakan kalau aku masuk kelas E, dan ternyata kelas E udah masuk dari jam 7 pagi. WHOT ??? (background suara halilintar). jadilah aku berlari sekuat tenaga ke ruang 2.2. sampai di depan pintu, undangan udah pada bubar, hidangan udah habis, temanten udah dipulangkan. Yup..betul. kuliah udah selesai. hikssss……. :'(

novie @ 4:05 pm
kakak kelas = penindas ???
Filed under: walking walking

Hari pertama kuliah ??? huft. . . mendebarkan. di otak ku terlintas berita – berita di televisi dan cerita dari kakak kelasku dulu, kalau adek kelas selalu salah dan kakak kelas selalu benar. yang kakak kelas suka ngebentaklah, suka ngomelin, marah marah. aduh aduh….bermodal keberanian secukupnya, aku berangkat kuliah juga. tapi apa??? anggapan itu nggak berlaku tuh di umm. kakak kelasnya ramah kok. tapi gag tau juga sih nanti kalo kakak kelasnya ngerasa kesaingi gitu sama adek kelasnya. upss…tapi moga aja enggak. biar selama kuliah disini. hidupku aman tentram sejahtera. amieeennn……. *ngusapin tangan ke muka*

novie @ 3:45 pm
PSIK
Filed under: kuliah

VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN

Kurikulum Program Studi (S1) Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang dikembangan sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki Fakultas Ilmu Kesehatan, adalah :

1.1. VISI

Menjadikan Program Studi Ilmu Keperawatan yang terkemuka dan berkeunggulan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan keperawatan berdasarkan nilai-nilai Islam

1.2. MISI

Program studi ilmu keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang, adalah :

•  Menyelenggarakan Pendidikan keperawatan profesional, sehingga mampu :

Menghasilkan SDM yang:

•  Memiliki kekokohan intelektual, memiliki kedalaman spiritual dan ,moral yang tinggi, ketrampilan Keperawatan yang handal dan Profesional dengan kemampuan tambahan dalam bidang Perawatan Gawat Darurat dan Keperawatan Komunitas sehingga tercipta kesejahteraan manusia

•  Mempunyai kesalehan teologis maupun kesalehan sosial sehingga menjadi perawat profesional yang berakhlakul karimah.

•  Memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi dengan bahasa asing

•  Mampu bersaing dengan SDM lulusan Regional, Nasional maupun Internasional

(2) Menyelenggarakan Penelitian

Menghasilkan Produk Penelitian:

•  Bidang ilmu keperawatan, Institusional Keperawatan, Unggulan Keperawatan dan perkembangan Keperawatan di tingkat Regional, Nasional dan Internasional

•  Meliputi: Penelitian Dasar, terapan, dan kebijakan khususnya Bidang Keperawatan Dasar, Keperawatan Klinik (Anak, Maternitas, Medikal Bedah, Gawat Darurat, Jiwa) dan Keperawatan Komunitas

•  Berkualitas dan terus ditingkatkan sehingga unggul di tingkat regional, nasional maupun internasional

•  Menyelenggarakan Pengabdian Kepada masyarakat (PKM)

Menghasilkan PKM :

•  Meningkatkan Keterpaduan Peran Keperawatan dan fungsi PKM

•  Memberdayakan Masyarakat dalam menghadapi masalah kesehatan / keperawatan dengan penekanan pada upaya preventif dan promotif

•  Memberikan bantuan layanan konsultatif tentang keperawatan kepada masyarakat

•  Menerapkan pendekatan model asuhan keperawatan keluarga yang profesional dengan pendekatan keluarga sakinah dengan mengaktifkan peran keluarga dalam memberikan asuhan

•  Memberikan bantuan dengan memanfaatkan teknologi tepat guna dalam melaksanakan asuhan keperawatan

MASA STUDI

Untuk mendukung tercapainya kompetensi, diterapkan kurikulum pendidikan Ners tahun 2000 ditambah dengan muatan pelengkap institusi sehingga akan menambah daya saing. Berdasarkan hasil lokakarya kurikulum tahun 2007, beban studi yang ditempuh adalah sebesar 152 SKS (7 ? 8 semester) yang diselesaikan pada program akademik dan 24 SKS (2 semester) pada program profesi (Ners) yang ditempuh di lahan praktek baik rumah sakit, panti werdha, puskesmas, maupun masyarakat. Dalam upaya menciptakan tenaga yang profesional selama menempuh program akademik dilaksanakanlah :

•  Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK)

•  Pelatihan internet

•  Pendidikan bahasa inggris setara Diploma 1 sebanyak 16 SKS (bersertifikat)

•  Program peningkatan keterampilan keperawatan.

sumber : adbc.student.umm.ac.id

novie @ 3:37 pm
minggu pertama kuliah
Filed under: kuliah

tanggal 20 september dimulai perkuliahan di umm. Kebetulan saya jurusan PSIK (Program Studi Ilmu Keperawatan) atau biasanya dikenal dengan S1 Keperawatan. Minggu ternyata kuliah diisi dengan acara perkenalan dan penjelasan syllabus. karena masih pertemuan pertama, maka hanya diisi dengan perkenalan saja. ^___^

novie @ 3:20 pm
siapa bilang kuliah di umm mahal
Filed under: ummQ
Pernahkah sahabat civitas mendengar dari rekan-rekan civitas sendiri yang kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Timur/Malang mengatakan kuliah di kampus UMM itu mahal, DPP nyalah, SPPnyalah? ini pernah saya alami dari salah satu rekan, ia memilih salah satu perguruan tinggi negeri tersebut karena berharap mendapat biaya murah dan bersatus negeri, namun justru kini ia mengeluh kampusnya mahal banget, kemudian saya dan dia hitung-hitungan masalah jumlah biaya yang harus di keluarkan selama kuliah di kampus.Pada akhirnya ketemu sudah besaran biaya yang di keluarkan, ternyata ia mengakui bahwa UMM lebih murah dari kampusnya yang berstatus negeri, di akui atau tidak orang tua kita atau masyarakat pada umumnya menilai bahwa kuliah di negeri lebih memiliki “gengsi” lebih sekaligus harga yang relatif murah, kuliah di PTN lebih terjamin karirnya nanti setelah lulus, karena banyak perusahaan yang bersedia menampungnya, tetapi inilah justru yang akan menjerumuskan seorang mahasiswa karena pada akhirnya setelah ia berstatus sarjana menjadi susah mencari pekerjaan, pasalnya selama kuliah bisa di bilang cukup “santai” ngapain susah-susah, wong saya kuliah di negeri.

Dan semua memang kembali ke individunya masing-masing, bagaimana ia memaksimalkan waktu dan peluang yang ada untuk belajar dan menggali kemampuan selama menjadi mahasiswa,kembali ke masalah biaya kuliah, taruhlah hal paling sepele saja, kampus mana yang menerapkan biaya parkir dengan harga Rp.200.00 ? kalau tidak di Universitas Muhammadiyah Malang, parkir umum saja paling murah sekarang rata-rata Rp.1.000.00, selain itu UMM menerapkan pembayaran SPP paket, cukup membayar SPP sekian juta rupiah sudah dapat menempuh study selama satu semester, dan itu cukup, tidak ada tambahan lain seperti biaya praktikum atau buku-buku lain.

Sejak semester 3 kebetulan saya sudah menjadi Volunter di UPT.PMB UMM , dimana kerjaannya adalah memandu adik-adik calon Mahasiswa baru untuk mengisi biodata dan mengarahkan bagiaman menjadi mahasiswa baru UMM, dan hingga kini semester 9, saya benar-benar enjoy menjalani pekerjaan ini, selain dapat mengisi waktu luang sembari mengurus skripsi juga dapat penghasilan tambahan setiap dua minggu sekali.

UMM juga memberdayakan tenaga paruh waktu(part time) di setiap unitnya, sehingga bisa di katakan kampus ini benar-benar menggunakan tenaga muda untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bisa di bilang penting bagi perkembangan dan kemajuan kampus, mereka berperan aktif untuk membantu segala kegiatan kampus, kalau dulu yang bekerja kebanyakan yang sudah sepuh-sepuh, tapi di UMM adalah tenaga muda yang benar-benar terpilih untuk mengisi posisi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

Adapun unit-unit tersebut antara lain :

1. UPT Pendaftaran Mahasiswa Baru UMM : disini Mahasiswa bisa mengisi kegiatan sebagai Volunter Mahasiswa baru saat jelang penerimaan Maba(tahun ajaran baru) sekaligus juga bisa kerja part time jika masa studynya telah habis.

2. UPT BAA(Biro administrasi Akademik)

3. UPT Kemahasiswaan

4. UPT Perpustakaan

dan unit-unit lain termasuk part time di fakultas dan jurusan

dan yang paling unik tentunya UMM adalah kampus mandiri yang tidak mengambil uang dari negara, semua serba mandiri, tidak memeras uang dari Mahasiswa, tidak pula ada jual beli kursi saat penerimaan mahasiswa baru, di sadari atau tidak di lingkungan kampus lain hal ini masih terjadi, dengan cara tawar-menawar agar Calon Mahasiswa bisa masuk dengan mudah di perguruan tinggi tersebut.

(Hendy Prima/Teknik Informatika 2006)

sumber : www.umm.web.id

novie @ 3:14 pm
Tentang umm
Filed under: ummQ

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta di Kota Malang. Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadiyah.

UMM merupakan salah satu universitas yang tumbuh cepat, sehingga oleh PP Muhammadiyah diberi amanat sebagai perguruan tinggi pembina untuk seluruh PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) wilayah Indonesia Timur. Program-programyang didisain dengan cermat menjadikan UMM sebagai “The Real University”, yaitu universitas yang benar-benar universitas dalam artian sebagai institusi pendidikan tinggi yang selalu komit dalam mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi

Pada sekarang ini Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menempati 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di jalan benduangn bandung, kampus dua di sumbersari dan kampus tiga di tegal gondo. Kampus satu yang merupakan cikal bakal UMM, dan sekarang ini dikonsentrasikan untuk program pasca sarjana. Sedangkan kampus II yang dulu merupakan pusat kegiatan utama , sekarang di konsentrasikan sebagai kampus fakultas kedokteran S1 perawat dan program D3 akademi perawat. Sedangkan kampus III sebagai kampus terpadu dijadikan sebagai pusat sari seluruh aktivitas.

novie @ 3:04 pm
hasil bumi
Filed under: All about Madiun

hasil bumi di madiun yang paling mendominasi terutama adalah padi dan mangga. Mangga-mangga gadung ditanam di sepanjang jalan desa, sebagai bagian dari program mangganisasi Kabupaten Madiun.

novie @ 2:47 pm
kesenian
Filed under: All about Madiun

DONGKREK

Konon rakyat desa Mejayan terkena wabah penyakit, ketika siang sakit sore hari meninggal dunia atau pagi sakit malam hari meninggal dunia, dalam kesedihannya, Raden Prawirodipuro sebagai pemimpin rakyat Mejayan mencoba merenungkan metode atau solusi penyelesaian atas wabah penyakit yang menimpa rakyatnya. Renungan, meditasi dan bertapa di wilayah gunung kidul Caruban. Ia mendapatkan wangsit untuk membuat semacam tarian atau kesenian yang bisa mengusir balak tersebut.

Dalam cerita tersebut wangsit menggambarkan para punggawa kerajaan roh halus atau pasukan gondoruwo menyerang penduduk mejayan dapat diusir dengan menggiring mereka keluar dari desa mejayan, maka dibuatlah semacam kesenian yang melukiskanfragmentasi pengusiran roh halus yang membawa pagelebuk tersebut.

Jadi, tarian dongkrek ini, dimaksudkan untuk tolak bala.

novie @ 2:34 pm
makanan khas
Filed under: All about Madiun

Ada beberapa makanan khas dari madiun, diantaranya :

1. BREM MADIUN

Brem merupakan jajanan khas asli dari Madiun. Brem adalah makanan yang berasal dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan, merupakan hasil dari fermentasi ketan hitam yang diambil sarinya saja yang kemudian diendapkan dalam waktu sekitar sehari semalam. Sensasi makanan ini muncul ketika makanan dimasukkan ke dalam mulut akan langsung mencair dan lenyap meninggalkan rasa ‘semriwing’ di lidah. Dikenal beberapa bentuk brem yang dikenal di pasaran, berupa makanan dan minuman. Brem berupa makanan terkenal dari Madiun dan Wonogiri, sedangkan yang berupa cairan berasal dari pulau Bali dan Nusa Tenggara. Bentuk pertama yang lebih dulu dikenal adalah makanan tradisional khas yang berasal dari kota Caruban, Kabupaten Madiun, dan berasal dari dua desa penghasil: Bancong dan Kaliabu.Brem berguna untuk meremajakan kulit, menghilangkan jerawat dari dalam.

sumber :  oleh2.rupawarna.com

2. SAMBEL PECEL

Sambel pecel Madiun adalah sebuah bentuk sambal yang berasal dari bahan dasar kacang, cabai, gula, garam dan sedikit daun jeruk purut, nah biasanya daun jeruk inilah yang selalu memberikan nuansa khas dari rasa sambal pecel.

sumber : ekodok.com

3. KUE SATU

novie @ 1:21 pm